Minggu, 15 Maret 2009

tugas pencemaran tanah dan air tanah

AIR

Air adalah sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup yang ada di bumi ini. Tak terbayangkan jika air tidak ada. Semua tergantung pada air. Tanpa air tak ada kehidupan. Akan tetapi, apa yang telah kita perbuat selama ini? Kita telah mencemari air dan sumber air dari berbagai kegiatan kita sebagai makhluk yang sangat memerlukan air itu dan sebagai khalifah di bumi ini yang menjaga kelestarian bumi itu sendiri seperti membuang sampah sembarangan.berbagai limbah yang dapat mencemari air kita hasilkan baik itu limbah domestic, limbah industri maupun limbah pertanian.

Sesuai dengan siklus hidrologi, jumlah air di bumi adalah konstan, namun karena pencemaran, kualitas air menjadi turun hingga tidak dapat digunakan. Sebagai contoh. Air tanah dan permukaan sudah tercemar limbah. Dibeberapa tempat air tanah sudah tercamar akibat rembesan limbah domestic, indutri dan pertanian.

Disamping itu, pencemaran air juga akan menjadi suatu hal yang mengancam bagi kesehatan masyarakat.

Limbah domestik yaitu limbah yang berasal dari rumah tangga, seperti dari dapur, kamar mandi dan pengurasan tinja.

Limbah industri yaitu limbah yang berasal dari aktivitas industri, baik dari industri kecil, menengah maupun yang besar. Karena bayaknya jumlah industri kecil dan menengah di Indonesia, maka potensi terjadinya pencemaran air juga menjadi sangat besar.

Yang harus kita lakukan adalah mengelola air limbah. Dalam mengelola limbah domestik yang terbaik adalah dimulai dari diri kita sendiri. Seperti membuang sampah pada tempatnya dan menghemat penggunaan detergen.

Untuk industri kecil dan menengah dapat dilakukan dengan cara sederhana dan tepat guna yaitu menggunakan kembali limbah cair yang terpakai dengan teknologi Chrome Recovery.

Sudah saatnya kita mengambil tindakan sebelum semuanya terlambat. Kita dapat mencegah terjadinya pencemaran air dan berhemat dalam penggunaannya.

Satu hal yang perlu diingat. Air adalah sesuatu yang sangat vital bagi kelangsungan hidupkita. Jadi mari kita menjaganya bersama-sama agar tidak tercemar dan memberikan warisan air yang bersih untuk anak cuc kita dimasa mendatang.

1 komentar: